Rekayasa Perangkat Lunak (Materi 1)
1.Definisi RPL
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) didefinisikan sebagai pendekatan sistematis dalam pengembangan perangkat lunak dengan menerapkan prinsip-prinsip rekayasa untuk meningkatkan kualitas, efisiensi, dan keberlanjutan perangkat lunak.
Menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers), RPL mencakup proses analisis kebutuhan, perancangan, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak. Ruang lingkup RPL meliputi:
2.Ruang lingkup RPL meliputi:
- Pengembangan perangkat lunak desktop, web, dan mobile.
- Pengelolaan siklus hidup perangkat lunak.
- Pengujian dan evaluasi kualitas perangkat lunak.
- Manajemen proyek perangkat lunak.
- Keamanan perangkat lunak.
- Meningkatkan kualitas perangkat lunak dengan standar desain dan pengujian yang baik.
- Mengoptimalkan proses pengembangan melalui metodologi seperti Agile, Scrum, dan DevOps.
- Mengelola kompleksitas proyek agar sistem lebih terstruktur.
- Memudahkan pemeliharaan dan skalabilitas dengan desain modular.
- Mengurangi risiko kegagalan proyek melalui manajemen risiko dan pengujian berkala.
- Meningkatkan keamanan perangkat lunak dengan enkripsi dan autentikasi pengguna.
- Cakupan: RPL mencakup seluruh siklus hidup perangkat lunak, sedangkan pemrograman biasa hanya berfokus pada pembuatan kode.
- Metodologi: RPL menggunakan pendekatan formal seperti Agile dan Waterfall, sedangkan pemrograman biasa sering dilakukan tanpa metodologi formal.
- Skala: RPL digunakan untuk proyek besar, sementara pemrograman biasa lebih cocok untuk proyek kecil.
- Kualitas dan pemeliharaan: RPL menekankan dokumentasi dan pengujian ketat, sedangkan pemrograman biasa sering kurang memperhatikan aspek ini.
- Kolaborasi: RPL melibatkan berbagai peran dalam tim, sedangkan pemrograman biasa sering dilakukan oleh individu atau tim kecil.
- Ilmu Komputer: Dasar teori tentang algoritma, struktur data, dan bahasa pemrograman.
- Matematika: Analisis dan desain algoritma menggunakan konsep teori himpunan, logika, dan teori graf.
- Teknik Elektro & Elektronika: Pengembangan perangkat lunak dalam sistem tertanam dan real-time.
- Ilmu Manajemen: Manajemen proyek dan risiko dalam pengembangan perangkat lunak.
- Psikologi: Studi tentang interaksi pengguna dengan perangkat lunak untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
- Linguistik: Pemrosesan bahasa alami (NLP) untuk sistem berbasis kecerdasan buatan.
- Sistem Operasi: Windows, macOS, Linux, Android, iOS.
- Aplikasi: Microsoft Office, Google Chrome, WhatsApp.
- Perangkat Lunak Sistem: Antivirus, driver perangkat keras.
- Basis Data: MySQL, PostgreSQL, SQL Server.
- Pengembangan: Visual Studio Code, Eclipse, Android Studio.
7.Kriteria Perangkat Lunak yang Baik:
- Keandalan: Stabil dan tidak sering mengalami error.
- Efisiensi: Menggunakan sumber daya sistem secara optimal.
- Keamanan: Terlindung dari serangan siber dan akses ilegal.
- Kemudahan Penggunaan: Antarmuka intuitif dan user-friendly.
- Portabilitas: Dapat berjalan di berbagai platform.
- Pemeliharaan: Mudah diperbaiki dan diperbarui.
- Fungsionalitas: Memenuhi kebutuhan pengguna.
- Skalabilitas: Dapat menangani peningkatan pengguna dan data.
- Kompatibilitas: Bisa berintegrasi dengan sistem lain.
Komentar
Posting Komentar